04 June 2012
Honda Memulai Pembangunan Pabrik Yang Kedua Di Indonesia

Karawang, 4 Juni 2012 – PT Honda Prospect Motor (HPM) memulai pembangunan pabrik yang kedua di Indonesia dengan acara Ground Breaking Ceremony, yang diadakan di Karawang, Jawa Barat, 4 Juni 2012. Acara tersebut dihadiri oleh:

  • Takanobu Ito, President, Chief Executive Officer and Representative Director, Honda Motor Co., Ltd.
  • Hiroshi Kobayashi, Managing Officer, Honda Motor Co., Ltd., Chief Operating Officer, Regional Operations (Asia & Oceania) Honda Motor Co., Ltd. dan President and CEO  Asian Honda Motor Co., Ltd.
  • Isao Ito, Asian Honda Director
  • Budi Darmadi, Dirjen Industri Unggul Berbasis Teknologi Tinggi Kementerian Perindustrian Republik Indonesia
  • Ade Swara, Bupati Karawang
  • Tomoki Uchida, President Director PT Honda Prospect Motor
  • Kusnadi Budiman, Senior Vice President PT Honda Prospect Motor
  • Dewan Direksi PT Honda Prospect Motor

Rencana pembangunan pabrik baru PT HPM tersebut telah diumumkan sebelumnya pada pada tanggal 15 Maret 2012 bertempat di kantor Kementrian Perindustrian, Jakarta. Dengan pembangunan pabrik yang baru ini, Honda akan meningkatkan kapasitas produksinya dari yang sebelumnya 60.000 unit per tahun menjadi 180.000 unit per tahun, didukung dana investasi sebesar 3,1 Triliun Rupiah (sekitar ¥ 27 M / USD 329 juta).

Pabrik Honda Prospect Motor yang ada saat ini terletak di Kawasan Industrti Mitrakarawang (KIM), Desa Parungmulya, Karawang, Jawa Barat, dengan total luas area 512.500 m2, luas bangunan sebesar 97.575,79 m2. Pabrik tersebut telah memproduksi model-model andalan Honda di Indonesia seperti Honda Jazz, Honda CR-V dan Honda Freed. Pabrik Honda saat ini memiliki fasilitas produksi seperti Stamping, Press, Welding, Painting, Assembling, Vehicle Quality, Road Test, Car Pool, dan Engine Plant. Pabrik Honda saat ini mempekerjakan sekitar 3.600 karyawan. Selain memproduksi mobil, pabrik Honda juga telah mengekspor berbagai komponen mobil seperti Engine parts : Cylinder Head, Cylinder Block dan Body Parts : Hood Comp, Panel RR Inside, R/L Inside, Skin Hood, Frame Hood hingga produk Honda Freed ke berbagai negara di Asia Tenggara, seperti; Thailand, Malaysia, Singapura, dan Brunei Darussalam.

Pabrik kedua Honda yang baru mulai dibangun pada hari ini berlokasi tepat di belakang pabrik yang ada saat ini dan akan memiliki total luas bangunan sebesar sebesar 95.000 m2. Pabrik ini diperkirakan akan menyerap sebanyak 2.000 sampai dengan 5.000 tenaga kerja baru. Rencananya, pada pabrik yang baru ini Honda akan memproduksi model-model baru yang akan datang termasuk Honda Brio. Produksi Honda Brio di pabrik yang baru nanti juga akan didukung oleh penambahan supplier untuk kandungan parts lokalnya.

Dalam pidato sambutannya, Takanobu Ito mengatakan bahwa, “Indonesia merupakan pasar yang penting untuk Honda. Dengan pertumbuhan pasar dan kondisi yang positif untuk pertumbuhan ekonomi, negara ini memiliki potensi yang besar untuk industri otomotif. Perluasan bisnis Honda di Indonesia untuk memenuhi permintaan pasar mencerminkan prinsip Honda untuk selalu menghadirkan produk dengan kualitas tertinggi, namun dengan harga yang layak untuk kepuasan konsumen di seluruh dunia.”

Ito juga menegaskan rencana Honda untuk membawa model baru ke Indonesia, yang akan dimulai dari Honda Brio dan sebuah model MPV dengan harga terjangkau yang diproduksi di pabrik yang baru. “Seiring dengan diperkenalkannya Honda Brio dan produk-produk baru lainnya, kami akan meneruskan upaya untuk memaksimalkan kesenangan konsumen, dalam waktu yang singkat, harga yang terjangkau dan emisi CO2 yang rendah.”

Sementara itu, Tomoki Uchida, President Director PT HPM, menjelaskan bahwa dengan dimulainya acara Ground Breaking ini, proses pembangunan pabrik baru Honda dimulai dan berharap pembangunan pabrik baru ini berjalan dengan lancar sehingga pabrik yang baru akan mulai beroperasi sesuai dengan rencana yaitu di tahun 2014.  “Pabrik baru ini dibangun untuk memenuhi permintaan konsumen akan produk Honda yang terus meningkat, seiring dengan pertumbuhan industri otomotif di Indonesia. Dengan beroperasinya pabrik yang kedua, kami menargetkan untuk meningkatkan penjualan hingga mencapai 210.000 unit pada tahun 2015.”

“Kami juga percaya bahwa pembangunan pabrik yang kedua ini akan memberikan kontribusi positif, baik dalam membuka lapangan pekerjaan yang baru maupun dalam pertumbuhan industri otomotif dan ekonomi secara umum di Indonesia, sekaligus menghadirkan model yang akan menjadi pilihan baru bagi konsumen di Indonesia,” tambah Uchida.

Seiring dengan rencana peningkatkan volume produksi dan penjualan, Honda juga berencana untuk memperluas jaringan dealernya di Indonesia. Hingga saat ini Honda telah diperkuat sebanyak 88 dealer yang tersebar di berbagai kota di seluruh Indonesia. Selanjutnya, Honda berencana membuka sebanyak 62 dealer baru hingga mencapai total 150 dealer pada akhir tahun 2014.



::Index News and Campaign

 

 
HONDA WORLDWIDE