07 June 2012
Honda Fit EV Raih Predikat Mobil Bertenaga Listrik Paling Irit di Amerika Serikat

Honda Fit EV (Electric Vehicle) raih predikat mobil bertenaga listrik paling irit di Amerika Serikat dari Environment Protection Agency (EPA). Dari hasil tes yang dilakukan oleh EPA, Honda Fit EV mampu mencapai jarak tempuh 83 mil (atau setara dengan 133,6 km) dalam sekali pengisian baterai secara penuh. Berdasarkan perhitungan EPA, efisiensi yang dicapai tenaga listrik Fit EV jika dikonversikan ke dalam bahan bakar konvesnsional setara dengan 188 mpg atau 50,1 km/liter. EPA menyebutkan konsumsi energi rata-rata itu paling irit jika dibandingkan dengan mobil-mobil bertenaga listrik lainnya.

Honda Fit EV Concept pertama kali diperkenalkan pada pada tanggal 17 November 2010 pada ajang Los Angeles Auto Show 2010. Platform mobil ini berbasis plug in-hybrid dan Electic Vehicle. Honda Fit EV dirancang untuk memenuhi kebutuhan berkendara sehari-hari bagi para komuter. Honda Fit EV mempunyai tiga pilihan mode pengendaraan, yaitu; sport, normal, dan eco yang didadopsi dari Honda CR-Z. Honda Fit EV dibekali motor listrik berkapasitas 92-kilowatt. Honda Fit EV mampu menghasilkan tenaga maksimum sebesar 125 PS dan torsi sebesar 255 Nm. Honda Fit EV membutuhkan waktu 3 jam untuk pengisian baterai listriknya yang bertegangan 240 volt dari kondisi kosong hingga penuh.

Honda Fit EV mulai masuk ke pasar mobil listrik di Amerika Serikat mulai musim panas tahun 2012 ini. Sebagai langkah awal, Honda akan menyewakan Honda Fit EV kepada para konsumen di beberapa Negara bagian seperti; California, Oregon hingga ke Pantai Timur Amerika Serikat. Sementara untuk pasar Eropa, Honda akan mulai memasarkannya mulai tahun 2013 mendatang.

Honda Fit EV menjadi bagian dari proyek mobil ramah lingkungan Honda yang telah berkomitmen untuk mengembangkan serta membuat “Earth Dreams Technology” untuk meningkatkan tingkat konsumsi bahan bakar serta mengurangi emisi CO2. Honda telah berhasil menjadi yang terdepan dalam rating yang dilakukan oleh Union of Concerned Scientists (UCS) terhadap performa dan kontribusi Honda di bidang lingkungan sejak tahun 200o silam. Sementara itu mobil-mobil ramah lingkungan buatan Honda juga selalu menduduki peringkat teratas dalam jajaran America’s Greenest Vehicles dari America Council for an Energy-Efficient Economy (ACEEE) selama sebelas tahun belakangan ini.

Sumber: http://www.honda.com



::Index News and Campaign

 

 
HONDA WORLDWIDE