15 December 2005
Honda perkenalkan Asimo generasi terbaru

Honda Motor Co., Ltd. pada 13 Desember lalu memperkenalkan generasi terbaru dari robot humanoid ASIMO. Dengan tingkat kemampuan fisik dan kecerdasan yang lebih canggih, ASIMO generasi terbaru ini memiliki kapabilitas untuk melakukan berbagai aktivitas dasar pada lingkungan sehari-hari.

Dibandingkan dengan model pendahulunya, ASIMO generasi terbaru ini mampu bertindak secara sinkron dengan manusia, misalnya berjalan sambil bergandengan tangan dengan manusia. Fungsi baru untuk membawa obyek dengan menggunakan kereta dorong juga telah ditambahkan pada ASIMO baru ini.

Pengembangan “Total Control System” memungkinkan ASIMO untuk secara otomatis mengerjakan tugas-tugas dari seorang resepsionis atau pengantar barang di sebuah kantor. Sebagai tambahan, kemampuan berlari ASIMO juga telah disempurnakan secara dramatis. Kini ASIMO dapat berlari dengan kecepatan 6 km/jam, bahkan dengan pola melingkar.

Honda akan mulai mengoperasikan ASIMO generasi terbaru ini pada musim semi 2006, di gedung kantor Honda Wako, Jepang.

Honda telah melakukan penelitian dan pengembangan untuk menciptakan robot humanoid berdaya guna yang memiliki kecerdasan dan kemampuan fisik tingkat tinggi. Dengan kemajuan yang dicapai generasi terbaru ASIMO, tujuan-tujuan tersebut semakin terwujud. Honda kini akan memusatkan penelitian ASIMO ke arah pengembangan intelenjensi, yang antara lain akan memungkinkan robot ini untuk membuat pertimbangan komprehensif dalam berbagai situasi.

Melalui penelitan dan pengembagan ASIMO, Honda telah menciptakan dan menyempurnakan berbagai teknologi pada robot, seperti teknologi pengendalian postur, teknologi pengenalan suara, dan teknologi untuk mengantisipasi serta menghindari tabrakan. Semua teknologi tersebut juga akan diaplikasikan oleh pada bidang penelitian Honda lainnya, seperti teknologi keselamatan otomotif dan lain-lain.

Fungsi Baru ASIMO

Melakukan Tugas di Lingkungan Kantor
ASIMO kini mampu melakukan tugas-tugas seperti seorang resepsionis atau petugas informasi di sebuah kantor. Fungsi ini dilakukan berkat kemampuan ASIMO mengenali lingkungan sekitarnya melalui sensor visual, sensor permukaan lantai, sensor ultrasonik, dan sebuah IC Tele-interaction Communication Card. Lebih jauh lagi, dengan mengkoordinasikan mata kamera dan sensor kinetis pada bagian lengan, ASIMO mampu berinteraksi secara sinkron dengan manusia, seperti memberikan nampan secara tepat atau berjalan sambil bergandengan tangan.

Membawa Obyek Menggunakan Kereta Dorong
ASIMO kini mampu membawa barang kereta dorong sambil mempertahankan jarak ideal antara kereta dengan tubuh, dengan cara menyesuaikan tenaga pada tangan kiri dan kanan melalui sensor kinetis pada kedua pergelangan tangan. Jika ada gangguan, ASIMO juga dapat melakukan manuver, mengurangi kecepatan, atau mengubah arah.

Berlari dengan Lebih Sempurna
Dengan pengendalian postur yang lebih sempurna saat kedua kaki sedang tidak menyentuh tanah, kemampuan berlari ASIMO kini dilipatgandakan dari 3 km/jam pada model terdahulu menjadi 6 km/jam pada generasi terbarunya. Lebih dari itu, ASIMO mampu berlari dalam pola melingkar pada kecepatan tinggi dengan menyesuaikan titik pusat gravitasi di dalam badan ASIMO dengan daya sentrifugal yang timbul akibat gerakan melingkar.

::Index Teknologi


 

 
HONDA WORLDWIDE