27 July 2006
Terobosan teknologi Honda FCX concept

FCX Concept merupakan terobosan kendaraan fuel cell terbaru yang dikeluarkan oleh Honda, sedan berbahan bakar sel hidrogen ini merupakan visi Honda tentang mobil masa depan yang tidak bergantung pada bahan bakar minyak. Selain menghasilkan emisi yang sama sekali aman bagi lingkungan, mobil ini sekaligus membawa inovasi teknologi futuristik belum pernah terdapat pada mobil sebelumnya.

V-Flow
Desain “V-Flow” terdiri dari sistem “3V” yang dikembangkan oleh Honda; Vertical gas flow yaitu aliran gas dari atas ke bawah dengan memanfaatkan penuh gaya gravitasi sehingga menghemat energi kendaraan, Vertebral layout yaitu penempatan tangki hidrogen yang memanjang untuk menghemat ruang, dan Volume-efficient packaging untuk memberikan kabin lebih lapang dan lantai paling rendah yang pernah terdapat pada mobil fuel cell. Sistem ini juga cukup kuat untuk menghasilkan tenaga sebesar 100kW.

Biometrics Driving Unit
Sensor biometric dan kamera pintar dapat mengenali profil pengemudi dan secara otomatis menyesuaikan berbagai fungsi kendaraan sesuai dengan posisi optimal pengemudi. Saat pengemudi mendekati kendaraan, secara otomatis kunci pintu mobil akan terbuka. Sistem komputer juga akan menyetel posisi setir, pedal gas, dan panel instrumen sesuai dengan posisi optimal pengemudi.

Speed Adjusting Instrument Panel
Saat berkendara, panel instrumen secara otomatis dapat bergerak naik dan turun dalam sudut 45 derajat untuk menyesuaikan dengan kecepatan kendaraan. Saat pengemudi berkendara dengan kecepatan tinggi kemudi akan bergerak naik untuk menyesuaikan pengemudi pada posisi yang lebih aman, demikian juga saat kendaraan melaju dengan kecepatan rendah secara otomatis kemudi akan bergerak turun untuk pengemudian yang lebih nyaman.

Line of-sight input switches
Sistem sensor yang ditempatkan di panel instrumen ini mampu menangkap penglihatan pengemudi ke berbagai ikon menu yang tampil di kaca depan mobil. Saat sensor kamera menangkap arah penglihatan pengemudi ke salah satu ikon menu, maka ikon itu akan tampil membesar, dan kemudian pengemudi dapat mengaktifkannya dengan menekan tombol di kemudi atau cukup dengan mengedipkan mata. Sistem ini memungkinkan pengemudi mengatur fungsi audio, AC, dan lain-lain tanpa harus melepaskan tangan dari kemudi.

::Index Teknologi


 

 
HONDA WORLDWIDE