31 August 2005
Pedestrian Injury Reduction Technology

Pada tahun 1988, Honda memperkenalkan pedestrian dummy (boneka pejalan kaki) untuk pertamakalinya di dunia, yang digunakan untuk menganalisa dampak yang dialami pejalan kaki saat tertabrak kendaraan. Berdasarkan hasil penelitian dengan boneka generasi pertama tersebut, Honda telah mengembangkan desain kendaraan yang dapat mereduksi cedera, khususnya pada bagian kepala dan kaki pejalan kaki.

Teknologi Pedestrian Injury Reduction tersebut pertama kali diaplikasikan pada mobil Honda HR-V pada tahun 1998, dan saat ini telah diterapkan pada lebih dari 2,7 juta unit dari 26 model mobil Honda.

Generasi kedua dari boneka ini, POLAR II, memiliki struktur yang jauh lebih mendekati tubuh manusia. Boneka ini memungkinkan para peneliti di Honda mengukur secara tepat tingkat cedera yang dialami pejalan kaki pada 8 titik di tubuhnya, saat terjadi tabrakan. Terobosan teknologi tersebut kembali membuka jalan untuk pengembangan teknologi keselamatan pejalan kaki untuk diterapkan pada mobil-mobil Honda.

Penerapan teknologi Pedestrian Injury Reduction Technology pada bodi mobil Honda, antaralain meliputi (1) Impact-absorbing wiper pivot, (2) Impact-absorbing hood, (3) Collapsible hood hinges, (4) Leg-impact-absorbing construction, dan (5) Impact-absorbing fender.

::Index Teknologi


 

 
HONDA WORLDWIDE