Max Verstappen, Pembalap Yang Berhasil Memberikan Podium Serta Kemenangan Pertama Untuk Honda di Era Turbo Hybrid

Max Verstappen merupakan salah satu pembalap tim Aston Martin Red Bull Racing. Ia sudah membalap bersama tim asal Austria ini sejak GP Spanyol tahun 2016 hingga sekarang ini.

Max Verstappen merupakan pembalap yang berhasil mempersembahkan podium perdana hingga kemenangan perdana Honda di era Turbo Hybrid.

Pembalap berkebangsaan Belanda tersebut memulai debut nya di ajang balap Formula 1 pada usia 17 tahun di Grand Prix Australia 2015 – dimana ia tercatat sebagai pembalap termuda yang pernah membalap di F1.

Max mengawali karir balapnya sebagai pembalap penguji tim Scuderia Toro Rosso pada tahun 2014. Ia kemudian memulai debut nya sebagai pembalap reguler pada tahun 2015. Max hampir saja mencetak podium perdananya di GP Amerika Serikat 2015. Max berhasil menutup musim balap 2015 sebagai “Rookie of the Year”.

Max memulai empat seri pertama musim 2016 masih bersama tim Toro Rosso sebelum akhirnya ia dipromosikan ke tim senior – Red Bull Racing mulai GP Spanyol 2016. Mengawali karir bersama tim Red Bull Racing merupakan sebuah tantangan baru dan juga atmosfer baru, mengingat ini baru musim kedua Max di F1.

Max kemudian membuktikan dirinya dimana ia langsung meraih podium serta kemenangan perdananya di ajang balap F1pada Grand Prix Spanyol 2016. Hasil tersebut membuatnya kembali tercatat sebagai pembalap F1 termuda yang berhasil naik podium sekaligus sebagai pembalap F1 termuda yang berhasil memenangi balapan.

Pada tahun 2019, tim Red Bull Racing memulai kerjasama dengan Honda sebagai pemasok mesinnya. Pada seri perdana Grand Prix Australia, Max berhasil finis ketiga sekaligus mempersembahkan podium perdana untuk Honda di era Turbo Hybrid. Podium ini sekaligus menjadi podium pertama Honda sejak terakhir kali diraih di Grand Prix Inggris Raya 2008.

Prestasi terbaik Honda sebelum podium ketiga di Grand Prix Australia 2019 adalah posisi keempat yang diraih oleh Pierre Gasly bersama tim Scuderia Toro Rosso Honda pada balapan Grand Prix Bahrain 2018.

Memasuki tengah musim 2019, Max kembali mempersembahkan karya maestro nya dimana ia berhasil membawa Honda menjuarai balapan untuk pertama kalinya di Grand Prix Austria di era Turbo Hybrid ini. Kemenangan Honda ini sekaligus menandai kemenangan pertama Honda sejak terakhir kali diraih di Grand Prix Hungaria 2006.

Max mempersembahkan total 3 kemenangan, 6 podium, 1 kali pole position dan 3 kali lap tercepat (Fastest Lap) untuk tim Red Bull Honda pada musim balap 2019. Sementara pada tahun 2020 ini, Max sudah mencatatkan 1 kemenangan, 8 podium, serta 3 kali lap tercepat (Fastest Lap) untuk tim Red Bull Honda.

Documents

SHARE: