Mengenal Tim Scuderia AlphaTauri Honda

Mungkin banyak yang beranggapan bahwa tim Scuderia AlphaTauri merupakan tim yang sepenuhnya baru di F1 musim 2020 ini. Nyatanya, tim Scuderia AlphaTauri merupakan metamorfosa dari pendahulunya yaitu tim Scuderia Toro Rosso yang membalap di F1 mulai dari tahun 2006 hingga tahun 2019. Tim Scuderia Toro Rosso sendiri sudah memulai kerjasama eksklusif dengan Honda sejak tahun 2018.

Tim memutuskan untuk rebranding menggunakan nama AlphaTauri sekaligus untuk mempromosikan brand apparel serta fashion asal Italia tersebut. Secara susunan pembalap dan juga manajemen, tim tetap mempertahankan personil yang sama seperti musim balap 2019.

Tim Scuderia AlphaTauri lantas memilih corak bodi mobil yang sepenuhnya baru yaitu menggunakan corak warna dari brand AlphaTauri yaitu warna biru gelap dan juga putih. Corak warna tersebut juga kemudian diaplikasikan pada baju balap milik kedua pembalapnya, yaitu; Pierre Gasly dan juga Daniil Kvyat pada musim 2020 ini.

Tim Scuderia AlphaTauri merilis foto-foto mobil baru mereka; AT01 secara online pada pagi hari di tanggal 14 Februari 2020. Setelah itu pada malam harinya mereka meluncurkan mobil AT01 mereka secara live bersamaan dengan event fashion show dari AlphaTauri.

Keesokan harinya, pada tanggal 15 Februari 2020, tim Scuderia AlphaTauri melakukan debut pertama nya di trek Misano bersama mobil AT01.Setelah itu tim Scuderia AlphaTauri melakukan uji coba resmi pra musim F1 2020 di sirkuit Catalunya pada tanggal 26 hingga 28 Februari 2020.

Tim Scuderia AlphaTauri kemudian mendapat input dari hasil tes pra musim yang digunakan untuk memulai balapan F1 musim 2020. Sayang, debut tim Scuderia AlphaTauri harus tertunda di Grand Prix Australia 2020 akibat panitia lomba memutuskan untuk membatalkan lomba guna mencegah penyebaran COVID-19.

Tim Scuderia AlphaTauri kemudian kembali ke markas mereka di Faenza, Italia. Balapan F1 musim 2020 pun kemudian ditunda dan kemudian beralih menjadi Virtual Grand Prix. Tim Scuderia AlphaTauri juga ikut ambil bagian menjadi salah satu pesertanya.

Pada bulan Juni 2020, FIA akhirnya mengkonfirmasi bahwa F1 musim 2020 dimulai pada bulan Juli 2020 di Grand Prix Austria. Tim Scuderia AlphaTauri akhirnya mengawali musim balap F1 2020 setelah tertunda hamper tiga bulan.

Meski memulai balapan F1 musim 2020 dalam kondisi tertutup (closed track) guna mencegah penyebaran COVID-19, tim Scuderia AlphaTauri berhasil finis ketujuh di Grand Prix Austria lewat Pierre Gasly. Tim Scuderia AlphaTauri kemudian terus mencetak point di balapan-balapan selanjutnya hingga mereka tiba di balapan kandang mereka yaitu di Grand Prix Italia.

Sebuah balapan fenomenal untuk tim asal Faenza, Italia ini dimana mereka berhasil meraih kemenangan pertamanya. Kemenangan ini juga sekaligus menjadi kemenangan pertama Pierre Gasly di F1 setelah sebelumnya ia meraih podium pertamanya bersama tim Scuderia Toro Rosso pada Grand Prix Brazil 2019. Pada balapan-balapan selanjutnya, tim Scuderia AlphaTauri terus konsisten meraih point.

Documents

SHARE: