Pierre Gasly, Pembalap yang Berhasil Mencetak Point Perdana, Podium Perdana Hingga Kemenangan Perdana Bersama Honda

Pierre Gasly merupakan salah satu pembalap tim Scuderia AlphaTauri. Ia sudah membalap bersama tim yang sebelumnya bernama Scuderia Toro Rosso sejak GP Malaysia tahun 2017 hingga sekarang ini.

Pierre Gasly merupakan pembalap yang berhasil mencetak point perdananya, podium perdananya hingga kemenangan perdananya bersama Honda.

Pembalap berkebangsaan Perancis ini baru saja meraih kemenangan F1 pertamanya pada seri balap Grand Prix Italia 2020 di sirkuit Monza, Italia dimana ia berhasil mencatatkan diri sebagai pembalap F1 asal Perancis pertama yang berhasil menang sejak terakhir kali diraih oleh Olivier Panis di Grand Prix Monaco tahun 1996.

Pierre sendiri sudah bergabung bersama Red Bull Junior Team sejak tahun 2014 yaitu di ajang balap Formula Renault 3.5 Series. Pierre kemudian berhasil finis kedua di ajang balap tersebut yang kemudian membawanya naik kelas ke ajang yang lebih tinggi yaitu GP2 Series. Pierre menghabiskan dua musim di GP2 Series hingga akhirnya berhasil menjadi juara dunia di tahun 2016.

Pada tahun 2017, Pierre menjadi pembalap penguji tim Toro Rosso sekaligus mencoba peruntungannya di ajang Super Formula Championship bersam tim Mugen Honda. Pierre kemudian berhasil finis sebagai first runner up di akhir musim sekaligus di tahun yang sama ia mendapat kesempatan untuk memulai debut nya di F1 pada balapan Grand Prix Malaysia 2017.

Pada akhir tahun 2018, Pierre membalap secara penuh bersama tim Toro Rosso. Pierre memanfaatkan pengalamannya membalap bersama mesin Honda ketika di ajang Super Formula untuk bisa tampil baik bersama tim Toro Rosso yang pada musim 2018 baru pertama kali menggunakan mesin Honda.

Ia berhasil mencetak point pertamanya di Grand Prix Bahrain 2018 dimana ia berhasil finis keempat pada balapan tersebut. Pada era turbo hybrid, Honda belum pernah finis lebih baik dari peringkat lima sebelumnya kala itu. Pierre berhasil mengumpulkan 29 point sepanjang musim balap tahun 2018.

Pierre kemudian dikonfirmasi membalap untuk tim Red Bull Racing hingga pertengahan musim 2019. Pierre kemudian bertukar tempat dengan Alex Albon di paruh musim kedua. Pierre kemudian memilih untuk tidak patah semangat, ia kemudian berhasil meraih podium F1 perdananya pada seri balap F1 Grand Prix Brazil 2019.

Tim Toro Rosso kemudian berganti nama menjadi AlphaTauri di musim 2020. Pierre tetap membalap bersama tim asal Faenza, Italia tersebut. Ia mencetak point pertama AlphaTauri pada seri balap Grand Prix Austria. Pierre kemudian berhasil meraih kemenangan perdananya di F1 pada seri balap Grand Prix Italia. Kemenangan tersebut juga merupakan kemenangan perdana tim AlphaTauri sejak berganti nama pada musim 2020 ini.

Documents

SHARE: