Tim Scuderia AlphaTauri Raih Hasil Baik di Seluruh Balapan Yang Berlangsung di Italia

Melanjutkan artikel sebelumnya, mengenai tim Scuderia AlphaTauri yang merupakan metamorfosa dari pendahulunya yaitu tim Scuderia Toro Rosso yang membalap di F1 mulai dari tahun 2006 hingga tahun 2019. Pada tahun 2020 ini, tim Scuderia AlphaTauri tetap melanjutkan kemitraan eksklusifnya dengan Honda sebagai pemasok power unit nya.

Rubrik motorsports kali ini hendak membahas mengenai prestasi khusus tim Scuderia AlphaTauri di balapan-balapan yang berlangsung di Italia pada musim balap F1 2020 ini.

Pada kalender balap F1 2020, FIA memasukkan tiga venue balapan di Italia sekaligus yakni; sirkuit Monza sebagai tuan rumah Grand Prix Italia, kemudian sirkuit Mugello sebagai tuan rumah Grand Prix Tuscany dan sirkuit Imola sebagai tuan rumah Grand Prix Emilia Romagna untuk menggantikan agenda seri balap lainnya di luar Eropa akibat efek dari pandemic COVID-19 dimana balap F1 2020 tidak dapat dilakukan di Negara-Negara diluar Eropa untuk pertama kalinya.

Tambahan venue balapan di Italia tersebut membuat tim Scuderia AlphaTauri yang juga berasal dari Italia sangat antusias untuk dapat berlaga di sirkuit-sirkuit balap ternama di Italia.

Sirkuit Mugello baru pertama kali masuk kalender F1 setelah sebelumnya secara reguler dihelat untuk penyelenggaraan ajang balap MotoGP. Sementara itu, sirkuit Imola pernah masuk kalender F1 terakhir kali tahun 2006 atau sebelum sirkuit ini direnovasi pada tahun 2007 lalu. Setelah absen salaam 14 tahun, sirkuit Imola kembali lagi ke dalam kalender F1 2020 sebagai tuan rumah Grand Prix Emilia Romagna.

Tim Scuderia AlphaTauri yang bermarkas di Faenza, Italia selalu mendapatkan point setiap kali menjalani balapan di Negeri mereka sendiri. Bahkan pada seri balap Grand Prix Italia,  tim Scuderia AlphaTauri berhasil meraih kemenangan pertamanya. Pierre Gasly berhasil keluar sebagai pemenang lomba sementara rekan setimnya – Daniil Kvyat finis kesembilan. Kemenangan ini juga sekaligus menjadi kemenangan pertama Pierre Gasly di F1 setelah sebelumnya ia meraih podium pertamanya bersama tim Scuderia Toro Rosso pada Grand Prix Brazil 2019.

Sirkuit Monza juga mempunyai kemenangan manis untuk tim ini dimana pada tahun 2008 silam tim asal Faenza, Italia tersebut berhasil meraih pole position pertamanya diikuti juga podium pertama serta kemenangan pertama yang dipersembahkan oleh Sebastian Vettel.

Kemudian pada seri balap Italia lainnya yaitu seri balap Grand Prix Tuscany (Gran Premio De La Toscana) di sirkuit Mugello dimana tim Scuderia AlphaTauri belum pernah menjalani balapan maupun pengetesan di sirkuit yang berada di daerah Tuscany ini, Daniil Kvyat berhasil finis ketujuh mempersembahkan point untuk tim Scuderia AlphaTauri.

Kemudian belum lama ini, pada seri balap Grand Prix Emilia-Romagna (Gran Premio De’ll Emilia-Romagna) yang berlangsung di sirkuit Imola, Daniil Kvyat dengan mobil AT01 berhasil finis keempat di akhir balapan setelah mengawali lomba dari posisi kedelapan. Tim Scuderia AlphaTauri sebelumnya juga belum pernah melakoni balapan di sirkuit Imola, namun pada awal tahun 2020 ini mereka sempat menjajal trek lengendaris tersebut untuk kepentingan pengambilan gambar / video.

Secara total, tim Scuderia AlphaTauri berhasil mengumpulkan total 45 point pada ketiga balapan yang berlangsung di tiga sirkuit legendaris di Italia tersebut.


###

Documents

SHARE: