Honda HR-V Masuki Usia 20 Tahun, Begini Perubahannya dari Masa ke Masa!

Honda HR-V (Hip Run about Vehicle) menjadi salah satu produk kendaraan roda empat yang telah dikenal luas di seluruh dunia, termasuk di Indonesia. Walaupun Honda HR-V baru memasuki pasar Indonesia pada tahun 2014, kendaraan ini telah diluncurkan sejak tahun 1999 di pasar Eropa, Jepang dan beberapa negara di Asia.

Kini, Honda HR-V telah genap berusia 20 tahun dan terdiri dari dua generasi. Lantas, bagaimana asal mula dibuatnya Honda HR-V? Seperti apa perubahannya dari masa ke masa? Simak artikel dibawah ini!

 

1.) Honda HR-V Generasi Pertama (1999)

Generasi pertama Honda HR-V pertama kali diluncurkan pada tahun 1999 di Eropa dan terus dipasarkan hingga tahun 2006. Dengan desain yang memadukan elemen sporty dari sebuah hatchback kedalam sebuah mobil SUV menjadikan penampilan Honda HR-V tampak unik dibandingkan kendaraan lain berdesain konvensional yang banyak beredar di pasar saat itu.

Selain mengusung desain stylish, Honda HR-V juga dilengkapi fitur Real Time Four Wheel Drive (4WD) untuk tipe tertingginya. Fitur ini bekerja secara otomatis di beberapa kondisi jalan, diantaranya yaitu jalan menanjak, sehingga mobil menjadi lebih bertenaga. Walaupun demikian, Honda HR-V tidak didesain untuk off-road sehingga fitur tersebut lebih diperuntukkan untuk memberi daya cengkram tambahan pada jalan bersalju, diatas rumput atau kerikil.

Sedangkan dari sektor tenaga, Honda HR-V generasi pertama dibekali mesin 1.6L yang menghasilkan tenaga maksimal 106 PS, serta hemat bahan bakar dengan konsumsi BBM 8,6L/100 Km berkat transmisi CVT. Sementara itu, untuk mendukung perjalanan yang lebih nyaman di banyak medan, Honda HR-V didesain dengan ground clearance setinggi 190 mm dan roda berdiameter 15 inci sebagai standar, walaupun roda berukuran 16 inci juga tersedia sebagai pilihan aksesori.

Untuk menunjang aktivitas pemiliknya, Honda HR-V dilengkapi bagasi berkapasitas 285 liter yang masih bisa diperluas dengan melipat baris bangku kedua. Mobil ini juga didesain untuk kedap terhadap suara dan getaran melalui penyesuaian pada beberapa komponen, yakni Engine, Inlet System, Exhaust System, Engine & Transmission Mountings, Drivetrain dan Steering.

Generasi pertama Honda HR-V dipasarkan dengan dua pilihan, yakni penggerak Front Wheel Drive (FWD) dan Four Wheel Drive (4WD) dan dua jenis transmisi yakni manual dan CVT.

 

2.) Honda HR-V Generasi Kedua (2013)

Setelah produksinya sempat dihentikan pada kurun waktu 2006 – 2012, generasi kedua Honda HR-V akhirnya diperkenalkan di ajang Tokyo Motor Show 2013. Setahun kemudian, pada 2014 Honda HR-V diproduksi secara masal untuk pasar Jepang, Amerika Utara, Australia, Brazil dan beberapa negara di Asia, termasuk Indonesia.

Honda HR-V pertama kali hadir di Indonesia melalui ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2014 dan ditawarkan dalam 4 varian, yakni tipe 1.5L A M/T, 1.5L S M/T dan CVT, 1.5L E CVT, serta 1.8L CVT Prestige.

Selain mengusung desain yang lebih segar, stylish dan modern, Honda HR-V generasi kedua juga mengalami perkembangan dari sisi performa. Honda HR-V tipe 1.5L didukung mesin 1.5 liter SOHC i-VTEC 4 silinder yang menghasilkan tenaga sebesar 120 PS pada 6.600 rpm dengan torsi maksimal 14,8 kg.m pada 4.600 rpm, dan transmisi manual 6 percepatan. Sedangkan untuk Honda HR-V tipe 1.8L Prestige menggunakan mesin 1.8 liter SOHC i-VTEC 4 silinder yang menghasilkan tenaga sebesar 139 PS pada 6.500 rpm dengan torsi maksimal 17,2 kg.m pada 4.300 rpm.

Pada varian tertingginya, Honda HR-V telah dilengkapi berbagai fitur canggih meliputi Power Panoramic Sunroof yang dapat dibuka secara elektrik, Power Retractable Door Mirror with LED Turning Signal, Smart Entry, One Push Ignition System dan lainnya.

Penyegaran terbaru dari Honda HR-V di Indonesia dilakukan melalui ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2018, dengan mengusung desain baru pada Front Grille yang membuat New Honda HR-V semakin gagah. Kehadiran New Full LED Headlight with LED Daytime Running Light dengan penerangan maksimal membuat tampilan New Honda HR-V menjadi semakin elegan dan New LED Fog Lamp menambah visibilitas saat berkendara di kondisi berkabut. Kini, New Honda HR-V juga dilengkapi dengan 17” Alloy Wheel Design dan Shark Fin Antenna yang menambah kesan agresif. Informasi lebih lanjut mengenai New Honda HR-V dapat Anda lihat di link ini.

Hingga kini, Honda HR-V secara retail telah terjual sebanyak 175.800 unit di Indonesia, dan telah mencapai total 21 penghargaan bergengsi.

Documents

SHARE: