Lewat Fitur Ini, Perjalanan Anda Tambah Nyaman di Jalan Tol!

Honda telah menciptakan teknologi yang membuat Anda dapat berkendara lebih aman dan nyaman di jalan tol. Melalui fitur ini, kendaraan Anda dapat melaju tanpa menginjak pedal gas. Apa fitur tersebut? Bukan, ini bukan fitur Cruise Control yang biasa Anda temui di mobil pada umumnya. Teknologi ini setingkat lebih canggih, yakni Adaptive Cruise Control (ACC) with Low Speed Follow (LSF). Apa bedanya dengan Cruise Control, dan bagaimana cara kerjanya?

Cruise Control bekerja melalui tombol yang terdapat di lingkar kemudi. Saat Anda mengaktifkannya, mobil Anda akan melaju secara otomatis pada kecepatan yang konstan tanpa perlu menginjak pedal gas terus menerus. Namun, Anda perlu tetap waspada dan menginjak pedal rem saat ada objek lain yang mendekat di depan mobil Anda. Setelah Anda menginjak rem, sistem akan mati secara otomatis dan Anda perlu menekan tombol Cruise Control kembali untuk mengaktifkan ulang. Pada mobil Honda, fitur ini sudah terdapat di Honda Jazz, Honda City, Honda HR-V, Honda CR-V, Honda Odyssey, Honda Civic dan Honda Accord.

Sementara itu, Adaptive Cruise Control (ACC) with Low Speed Follow (LSF) bekerja dengan sistem yang hampir mirip. Melalui tombol yang ada di lingkar kemudi, Anda dapat mengaktifkan fitur ACC + LSF. Fitur ini bekerja dengan membuat mobil Anda melaju secara otomatis pada kecepatan yang konstan saat tidak ada kendaraan lain di depan mobil Anda. Namun, ketika ada kendaraan di depan Anda, maka kecepatan mobil Anda akan menyesuaikan kecepatan kendaraan dan dapat mengatur jarak aman sesuai yang diinginkan pengendara dengan mobil didepannya.

Dengan kata lain, saat ACC + LSF diaktifkan maka kecepatan mobil Anda akan ditentukan oleh kendaraan lain yang ada di depan Anda (Dengan batas kecepatan yang dapat diatur pada TFT meter). Saat mobil di depan melaju, mobil Anda juga ikut melaju. Saat mobil didepan memelankan laju bahkan berhenti, mobil Anda akan melakukan hal yang sama. Fitur ACC bekerja dengan mengandalkan Millimeter Wave Radar yang terintegrasi dengan Monocular Camera untuk membaca jarak kendaraan di depan Anda, dan secara otomatis dapat mengatur akselerasi atau deselerasi untuk menjaga jarak aman. Di Indonesia, fitur ACC + LSF saat ini tersedia untuk Honda Accord.

Pada akhirnya, fitur Cruise Control maupun Adaptive Cruise Control (ACC) with Low Speed Follow (LSF) diciptakan untuk meningkatkan kenyamanan dan keselamatan Anda di perjalanan, sehingga Anda tidak perlu menginjak pedal gas terus menerus. Namun, Anda juga harus tetap waspada karena fitur ini digunakan untuk membantu mengurangi dampak dari kecelakaan, ia tidak dapat mengambil alih pengendaraan mobil Anda sepenuhnya. Anda sebagai pengendara tetap bertanggung jawab penuh atas keselamatan di perjalanan, dengan tetap waspada memperhatikan kondisi jalan di sekitar Anda, memastikan kedua tangan Anda tetap di lingkar kemudi dan menginjak pedal rem saat dibutuhkan.

Selengkapnya mengenai fitur ACC + LSF, klik disini.

Documents

SHARE: