Mengenal Lebih Jauh Honda Odyssey dari Masa ke Masa, Inilah Perubahannya!

Kini, Honda Odyssey telah memasuki usia 25 tahun di dunia. Mobil minivan keluaran Honda ini telah diproduksi di Jepang sejak tahun 1994, dan hingga kini telah memiliki 5 generasi. Dengan mengusung desain minivan yang ringkas, generasi pertama Honda Odyssey mendapat sambutan yang positif di pasar Jepang.

Seperti apa perubahannya dari masa ke masa? Simak artikel berikut!

 

Generasi Pertama (1994)

Honda Odyssey pertama kali meluncur pada 1994 dengan desain kursi tiga baris serta menggunakan penggerak Four Wheel Drive (4WD). Sedangkan di tahun 1997, mobil ini mulai mengadopsi mesin 3.0L V6 J30A dan menyematkan fitur sunroof khusus untuk  tipe L dan Aero. Di Eropa, generasi pertama Honda Odyssey dikenal dengan nama Honda Shuttle.

Kemudian, sejak tahun 1999, Honda telah memasarkan versi Honda Odyssey dengan dimensi lebih besar di Amerika Utara, dan versi yang lebih kecil untuk pasar Jepang. Di Amerika Utara, Honda Odyssey dikenal dengan nama Honda LaGreat diantara tahun 1999 hingga 2004.


 Photo by Robert Pernett

Generasi Kedua (1999)

Pada akhir tahun 1999, Honda Odyssey kembali hadir dengan dimensi yang lebih besar dari sebelumnya. Mobil ini diproduksi untuk pasar Jepang dan Australia, serta didesain menggunakan setir di sisi kiri kendaraan khusus untuk pasar Cina. Dibandingkan generasi sebelumnya, generasi kedua Odyssey memiliki ukuran lebih panjang 3,3 inci dan lebih lebar 0,4 inci. Selain itu, Honda Odyssey generasi kedua memiliki bumper yang lebih besar, aksen chrome, dan front grille lebih besar.

Model ini menggunakan mesin 2.3L pada model RA6 (2WD) dan RA7 (4WD). Sementara itu, mesin berkapasitas 3L digunakan pada model RA8 (2WD) dan RA9 (4WD) berjenis Prestige dan Absolute. Pada tahun 2000, Honda Odyssey menjadi mobil Honda pertama yang menggunakan transmisi otomatis lima percepatan dengan mesin 3L.

 

Photo by NZ Car Freak

Generasi Ketiga (2003)

Generasi ketiga Honda Odyssey mulai dipasarkan di Jepang pada Oktober 2003, dan menyusul ke Australia dan beberapa negara lainnya pada awal 2004. Secara keseluruhan, Honda Odyssey tetap mempertahankan model lima pintu dengan desain yang lebih ramping, ground clearance lebih rendah, dan lebih terlihat sebagai mobil dibandingkan minivan. Khusus di Jepang, Honda Odyssey juga telah dibekali fitur cruise control.

Dari sektor mesin, Honda Odyssey didukung mesin i-VTEC berkapasitas 2,4L dengan tenaga maksimal 160 PS. Sementara itu, versi penggerak 4WD hadir dengan transmisi otomatis, sedangkan versi 2WD menggunakan transmisi CVT kecuali untuk tipe Absolute dan model ekspor lainnya.

 Photo by Two Hundred Percent


Generasi Keempat (2008)

Generasi keempat Honda Odyssey diluncurkan di Jepang pada Oktober 2008, dengan tetap mempertahankan mesin dan transmisi yang sama, namun tenaga lebih besar dengan konsumsi bahan bakar lebih irit. Honda Odyssey menggunakan mesin 2.4L dan transmisi CVT dengan torque converter untuk penggerak FWD, dan transmisi otomatis lima percepatan untuk versi 2WD dengan tenaga 206 hp.

 Photo by OSX


Generasi Kelima (2013)

Pada September 2013, generasi terbaru Honda Odyssey diluncurkan secara global dan mulai dijual pada bulan berikutnya. Selain mengusung desain yang lebih dinamis dan modern, perubahan paling mencolok  terdapat pada desain pintu yang sebelumnya dibuka ke arah luar, kini menjadi pintu geser yang dibuka kesamping. Secara dimensi, desainnya menjadi lebih besar serta menggunakan kursi ottoman di baris kedua untuk kenyamanan penumpang.

Sedangkan dari segi mesin, Honda Odyssey menggunakan mesin 2.4L i-VTEC dengan tenaga 175 PS dan torsi 225 Nm. Sementara untuk tipe Absolute, adanya fitur direct-injection semakin menambah tenaga Odyssey hingga mencapai 190 PS dan torsi maksimal 237 Nm.


Documents

SHARE: