Mengenal Trio Honda Civic: Sedan, Hatchback & Type R. Apa Bedanya?

Sejak pertama kali hadir di Indonesia, Honda Civic dikenal sebagai mobil yang sporty, mewah dan memiliki performa tinggi. Hingga kini, Honda Civic telah berusia 45 tahun di Indonesia dan hadir dalam tiga varian: Sedan, Hatchback dan Type R. Lantas, apa saja yang berbeda diantara ketiganya? Yuk simak ulasan berikut!



A.) Honda Civic Sedan Turbo

Honda Civic sedan turbo diluncurkan di tahun 2016, dan mendapatkan penyegaran pada Februari 2019. Honda Civic kini tampil dengan tampilan yang lebih sporty dan elegan, serta fitur yang semakin lengkap.

Honda Civic sedan kini tampil dengan desain baru pada Front Lower Bumper yang lebih aerodinamis, Rear Chrome Lower Garnish, dan LED Fog Light yang dilengkapi dengan Chrome Garnish. Selain itu, Honda Civic juga menampilkan 17” Alloy Wheel with Two-tone Color.

Untuk interior, Honda Civic hadir dengan desain baru pada bangku yang semakin elegan. Sementara bagian kursi penumpang depan kini dilengkapi dengan 4-way Front Passenger Power Seat Adjuster untuk menambah kenyaman posisi duduk penumpang. Tidak hanya itu, Honda Civic kini juga dilengkapi dengan Auto Dimming Rear View Mirror untuk memperjelas visibilitas saat terkena pantulan sinar dari kendaraan di belakang. 

Fitur canggih lain yang juga disematkan pada Honda Civic 1.5L Turbo meliputi Remote Engine Start, Smart Entry, One Push Ignition System dan Cruise Control untuk menjaga kecepatan kendaraan tanpa perlu menginjak pedal akselerasi. Honda Civic juga dilengkapi fitur Rain Sensing Windshield Wiper untuk mengaktifkan wiper secara otomatis saat mendeteksi air hujan.  

Honda Civic menggunakan mesin 1.5L VTEC Turbo dengan teknologi Earth Dreams. Mesin ini menghasilkan peningkatan besar pada tenaga dan torsi dengan tenaga maksimal 173 PS pada 5.500 rpm, namun tetap hemat bahan bakar dan ramah lingkungan. 

Di Indonesia, Honda Civic 1.5L Turbo ditawarkan dengan harga Rp 533.000.000 (OTR Jakarta). Untuk informasi selengkapnya, KLIK DISINI.



B.) Honda Civic Hatchback RS

Selain sedan, salah satu model Honda Civic yang ada di Indonesia adalah Honda Civic Hatchback RS. Setelah pertama kali hadir di tahun 2017, mobil ini mendapatkan penyegaran di Februari 2020 dengan emblem RS.  Honda Civic Hatchback RS memadukan ‘Heritage’ dari keluarga Civic dipadu dengan karakter varian RS, sehingga menghasilkan model yang semakin sporty dan semakin stylish.

Eksterior Honda Civic Hatchback RS kini menampilkan penambahan aero kit pada bumper depan, bumper belakang, dan Side Sill Garnish di bagian samping. Alloy Wheel berukuran 17 inchi tampil dengan desain Two-Tone untuk semakin memperkuat kesan sporty. Sementara bagian belakang kini menampilkan  Rear Bumper Diffuser dan  Center Exhaust Pipe with Finisher. Emblem RS kini juga disematkan pada bagian depan dan bagian belakang Honda Civic Hatchback. 

Nuansa sporty semakin kental di bagian interior dengan desain baru yang memadukan kulit dengan aksen jahitan merah khas mobil sport pada jok, roda kemudi, tuas transmisi, konsol tengah dan Door Lining, serta desain Sport Pedal bernuansa chrome pada tuas gas dan rem. Sementara  Auto Dimming Rear View Mirror juga tersedia untuk menghindari pantulan cahaya berlebih sehingga mendukung visibilitas pengendara yang lebih baik, ditambah dengan  7” Capacitive Touchscreen Display Audio with Smartphone Connection untuk iOS dan Android. 

Dari sektor tenaga, Honda Civic Hatchback RS didukung mesin 1.5L VTEC Turbo yang menghasilkan tenaga 173 PS, serta didukung dengan transmisi CVT with Earth Dreams Technology untuk menghasilkan perpindahan transmisi yang halus

Di Indonesia, Honda Civic Hatchback RS ditawarkan dengan harga Rp 512.800.000 (OTR Jakarta). Untuk informasi selengkapnya, KLIK DISINI.



C.) Honda Civic Type R

Untuk menjawab antusiasme para pecinta adrenalin, Honda Prospect Motor meluncurkan varian tertinggi dari Honda Civic, yakni Type R yang meluncur di Indonesia pada Agustus 2017 dan mendapat penyegaran pada Mei 2021. Generasi ke-5 dari Honda Civic Type R ini menghadirkan teknologi dan performa yang telah teruji di lintasan balap dunia untuk konsumen di Indonesia. 

Versi facelift Honda Civic Type R mendapatkan beberapa pembaruan dari sisi tampilan eksterior dan juga interiornya. Dari sisi eksterior, tampilan  Honda Civic Type R kembali menegaskan karakter sporty dengan desain baru pada bumper bagian depan dan juga belakang. Pada bagian ban yang berukuran 20” Alloy Wheels juga telah dilengkapi dengan  Tire Pressure Monitoring System untuk memonitor tekanan angin pada ban yang dapat dilihat oleh penggunanya pada panel instrument. Pengendara akan  diberi peringatan melalui layar MID saat sistem mendeteksi tekanan ban mobil  yang kurang dari standar.

Pada segi interior, HPM menambahkan  Wireless Charging pada bagian depan kabin, yang memudahkan penggunanya untuk mengisi daya smartphone serta desain baru pada Shift Knob yang telihat semakin sporty. Pada bagian roda kemudi juga terdapat perubahan dengan material baru yaitu  Alcantara Wrapped Steering Wheel yang memberikan ketebalan ideal untuk memungkinkan penggunanya merasakan genggaman yang lebih baik.

Sedangkan dari sisi tenaga, Civic Type R dibekali dengan mesin 2.0 liter VTEC Turbo yang menghasilkan tenaga maksimal hingga 310 PS pada 6.500 rpm dan torsi maksimal 400 Nm pada 2.500 – 4.500 rpm. Tenaga Civic Type R disalurkan melalui transmisi manual 6 percepatan yang telah disempurnakan oleh rev match system sehingga memungkinkan mobil mempertahankan tenaga maksimumnya saat perpindahan gigi. 

Honda Civic Type R juga dilengkapi sasis, suspensi, dan kemudi yang lebih responsif dan juga stabilitas kecepatan tinggi yang telah ditingkatkan. Suspensi MacPherson Strut digunakan untuk memaksimalkan handling. Sementara di bagian belakang, multi-link suspension membantu menjaga kestabilan saat mengerem serta mengurangi gejala body roll di tikungan. Untuk memberikan kenikmatan berkendara di setiap situasi, tersedia pula tiga mode mengemudi, yaitu Comfort untuk sensasi berkendara harian di dalam kota, Sport untuk sensasi berkendara yang lebih sporty, dan +R untuk sensasi berkendara mobil balap di sirkuit.

Di Indonesia, Honda Civic Type R ditawarkan dengan harga Rp 1.177.000.000 (OTR Jakarta). Untuk informasi selengkapnya, KLIK DISINI.


Secara umum, Honda Civic sedan dengan mesin 1.5L Turbo cocok untuk Anda yang menginginkan sebuah mobil dengan performa tinggi dan tampilan mewah. Sementara itu, Honda Civic Hatchback RS juga dapat menjadi salah satu pilihan untuk Anda yang berjiwa muda, melalui tampilan yang lebih sporty serta pilihan warna yang lebih bervariasi. Namun, apabila Anda adalah pecinta adrenalin yang menginginkan sebuah mobil yang dapat digunakan di sirkuit maupun di jalanan perkotaan, maka Honda Civic Type R cocok untuk Anda.

Documents

SHARE: