Resmi Berusia 25 Tahun, Inilah Perubahan Honda CR-V di Setiap Generasi

Honda CR-V menjadi salah satu mobil yang eksistensinya sudah mapan di seluruh dunia, termasuk di Indonesia. Sejak kemunculannya pertama kali pada tahun 1995, hingga kini Honda CR-V telah mengalami beragam perubahan dan penyempurnaan di setiap generasinya.

Honda CR-V memulai debut pertamanya di pasar otomotif Jepang, sebelum kemudian dipasarkan ke Amerika Utara dan berbagai Negara lainnya. Produk ini diposisikan untuk mengisi celah pasar diantara produk Honda HR-V dan Honda Pilot yang sudah ada lebih dahulu. Dengan mengusung nama “CR-V”, mobil ini memiliki arti “Comfortable Runabout Vehicle” atau “Kendaraan yang praktis dan nyaman.”


1.) Generasi Pertama (1995)

Honda CR-V pertama di dunia didesain oleh Hiroyuki Kawase, dan diluncurkan secara ekslusif di dealer Honda Verno yang berlokasi di Jepang pada 1995. Setahun kemudian, Honda CR-V meluncur di ajang Chicago Auto Show 1996 sampai akhirnya diproduksi massal pada Februari 1997 di Amerika Serikat.

Saat pertama kali diperkenalkan, Honda CR-V hanya memiliki satu varian yakni tipe LX yang didukung mesin berkapasitas 2.0L dengan tenaga 126 hp pada 5.400 rpm dan torsi 180 Nm pada 4.800 rpm.