Telah Dilengkapi Teknologi Otonom, Yuk Kenali Prototipe Kendaraan Off-Road dari Honda!

Untuk mewujudkan mobilitas yang mudah diakses bagi semua orang, Honda terus berinovasi menciptakan teknologi terbaru yang dapat mempermudah hidup manusia. Salah satunya melalui prototipe Honda Autonomous Work Vehicle, sebuah kendaraan off-road yang mengkombinasikan mobil berjenis All-Terrain Vehicle (ATV) dengan teknologi otonom.

Honda Autonomous Work Vehicle didesain oleh Honda R&D Amerika untuk meningkatkan efisiensi di beberapa sektor yakni konstruksi, agrikultur, pencarian dan penyelamatan serta pemadam kebakaran. Mobil ini menggunakan sasis ATV yang cocok digunakan saat menjelajah ke medan yang sulit dilalui, dengan didukung penggerak Four Wheel Drive (4WD). Sebelumnya, kendaraan ini pernah ditampilkan di Consumer Electronics Show (CES) 2018 dengan nama 3E-D18, dan kembali ditampilkan pada ajang serupa di tahun 2019 setelah dilengkapi beragam penyempurnaan dan serangkaian tes di berbagai medan.

Versi prototipe ini menggunakan fitur GPS dan sensor yang dapat memandu mobil ke berbagai tempat, serta dilengkapi dengan Rail Accessory Mount System yang dapat dipasangkan dengan berbagai alat bantu tergantung kebutuhannya. Bentuknya yang ringkas dan didesain untuk medan off-road memungkinkan kendaraan ini untuk dapat bermanuver ke beragam tempat, mulai dari hutan hingga pinggiran kota. Didukung dengan sistem autonomous, kendaraan ini dilengkapi dengan tiga mode berkendara yang dapat dipilih untuk menunjang mobilitasnya. Pertama, yakni mode “Follow Me” dimana kendaraan akan diprogram untuk mengikuti objek tertentu, mode “Pattern” yakni kendaraan akan berjalan mengikuti pola jalan yang telah ditentukan, serta mode “A to B” dimana kendaraan akan membuat rutenya sendiri untuk berpindah lokasi.

Pengujian Honda Autonomous Work Vehicle  telah dilakukan dengan menempatkannya di tiga lingkungan berbeda: pengoperasian industri solar di Carolina Utara, divisi pemadam kebakaran di Colorado, dan perusahaan agrikultur di California. Hingga kini, Honda masih mengembangkan kendaraan tersebut dengan menciptakan beberapa alat tambahan yang dapat semakin memperbanyak kegunaannya.

Documents

SHARE: