Begini Cara Parkir yang Benar Agar Mobil Lebih Awet!

Selain rutin memeriksa komponen mobil dan menerapkan cara berkendara yang baik, kamu juga perlu memarkir mobil dengan benar agar mobil lebih awet. Sebenarnya, ada 3 hal penting yang harus diperhatikan saat memarkir mobil, terutama saat Anda akan meninggalkan mobil dalam jangka waktu lama. Yuk baca tips berikut!


A.) Lepas Rem Tangan Saat Parkir

Temperatur dan kelembaban udara dapat menyebabkan lengket diantara brake pad dan disk brake, sehingga pada saat Anda melepaskan hand/foot brake, roda belakang masih terkunci. Hal ini biasanya terjadi pada kondisi kendaraan yang baru saja dicuci dan terparkir cukup lama. 

Untuk menghindari hal tersebut, lakukan langkah berikut:

1.) Parkirkan mobil Anda di jalan yang datar.

2.) Apabila transmisi kendaraan anda adalah matic, posisikan tuas transmisi di posisi P 

3.) Apabila kendaraan bertransmisi manual, posisikan tuas transmisi di posisi gigi 1 atau R


B.) Pastikan Tempat Parkir Aman dari Hewan Liar

Tikus dan hewan sejenisnya sangat suka bersarang di area ruang mesin kendaraan dan berpotensi merusak material yang terbuat dari karet dan plastik. Bahkan, kerusakan yang disebabkan hewan tersebut dapat menyebabkan kegagalan sistem elektrik apabila instalasi/ kabel kelistrikan kendaraan putus akibat gigitan tikus. 

Tipsnya: 

1.) Saat parkir, tutup ventilasi AC mobil agar serangga tidak masuk ke dalam kabin. 

2.) Pastikan area tempat parkir tidak ada sampah atau sisa makanan yang dapat mengundang hewan tersebut.


C.) Parkirkan Mobil di Tempat Beratap

Agar kondisi mobil lebih awet, Jika akan meninggalkan mobil dalam waktu yg lama sebaiknya Anda juga menghindari parkir di tempat yang terpapar sinar matahari atau hujan secara langsung.

Dampaknya, warna cat mobil akan lebih cepat pudar dan kusam timbulnya flex atau jamur pada bagian eksterior kendaraan, Suhu yang tinggi juga berpotensi membuat karet di wiper juga dapat mengeras dan rusak. Karet wiper yang tidak elastis juga bisa membuat kaca mobil baret.

Documents

SHARE: