Begini Cara yang Benar Menggunakan Fitur Auto Brake Hold!

Kini, fitur Auto Brake Hold telah hadir di beberapa model mobil Honda seperti CR-V, HR-V, City Hatchback RS, Civic RS dan Accord untuk pengalaman berkendara yang lebih praktis. Singkatnya, fitur ini berfungsi sebagai pengganti rem tangan untuk digunakan saat mobil dalam posisi diam di lampu merah, turunan dan tanjakan. Bagaimana cara mengaktifkan fitur Auto Brake Hold yang benar? Simak langkah-langkah berikut!


1.) Pastikan bahwa sabuk pengaman pengemudi terpasang dan mesin kendaraan Anda menyala agar fitur brake hold dapat diaktifkan.

2.) Tekan tombol brake hold hingga lampu indikator berwarna hijau bertuliskan Brake hold menyala. Ini menandakan bahwa sistem brake hold sudah siap digunakan. Mengaktifkan atau menekan tombol brake hold dapat dilakukan ketika kendaraan berhenti ataupun jalan.

3.) Apabila pedal rem sudah ditekan dan kendaraan Anda berhenti sempurna maka indikator brake hold (huruf “A”) akan menyala. Indikator huruf “A” ini berada tepat dibawah indikator brake hold yang sudah menyala sebelumnya.

4.) Setelah lampu indikator huruf “A” menyala, Anda bisa melepas pijakan kaki dari pedal rem. Sistem akan menahan rem secara otomatis selama 10 menit atau sampai pedal gas diinjak.


Sistem brake hold akan secara otomatis berhenti apabila:

1.) Mesin dimatikan

2.) Pengendara menekan pedal gas

3.) Pengendara memindahkan persneling ke posisi P atau N

4.) Sabuk pengaman pengemudi tidak terpasang

5.) Pengereman dengan brake hold sudah lebih dari 10 menit.


Perlu diingat, sistem ini tidak dianjurkan digunakan ketika Anda memarkirkan kendaraan atau meninggalkan kendaraan terlalu lama. Apabila Anda akan parkir atau meninggalkan kendaraan, sebaiknya mengaktifkan rem parkir dan memindahkan tuas transmisi pada posisi P.

Documents

SHARE: