Cuaca Hujan Bikin Susah Melihat Saat Berkendara? Begini Tipsnya

Cuaca yang hujan deras seringkali membuat jarak pandang pengendara semakin terbatas. Keadaan yang gelap, berkabut, ditambah hujan lebar membuat kita sebagai pengendara harus ekstra hati-hati guna menghindari terjadinya kecelakaan.

Bagaimana cara untuk menjaga visibilitas semaksimal mungkin saat berkendara? Berikut tipsnya:


1.) Gunakan Wiper Berkualitas Baik

Diantara beberapa tips yang diberikan, menggunakan wiper yang berfungsi dengan baik merupakan hal yang paling penting. Wiper yang sudah getas tidak dapat menyapu seluruh permukaan kaca dari air dengan maksimal, sehingga Anda semakin sulit untuk melihat secara jelas. Untuk mengenali ciri-ciri wiper yang sudah harus diganti, klik disini.

2.) Nyalakan Headlamp dan Foglamp

Selain menyalakan headlamp, foglamp atau lampu kabut juga perlu dinyalakan untuk mendukung visibilitas yang lebih baik selama berkendara.

3.) Jangan Menyalakan Lampu Hazard

Terkadang, kerap ditemui beberapa pengendara mobil yang menyalakan lampu hazard saat berkendara ditengah hujan. Sebenarnya, hal ini tidak perlu dilakukan. Kenapa?

Lampu hazard berfungsi untuk dinyalakan saat mobil Anda harus menepi karena keadaan darurat, guna memberi aba-aba kepada pengendara lain bahwa mobil Anda sedang bermasalah. Dengan kata lain, lampu hazard lebih tepat dinyalakan saat mobil Anda dalam keadaan diam atau terparkir.

Saat Anda menyalakan lampu hazard ketika mobil melaju, lampu sein otomatis tidak berfungsi dan membuat pengemudi dibelakang kebingungan karena tidak bisa menebak pergerakan mobil Anda: apakah akan berjalan lurus, berbelok ke kiri atau ke kanan, sehingga berpotensi menimbulkan kecelakaan. Cahaya dari headlamp bagian belakang sebenarnya sudah cukup untuk membuat mobil Anda terlihat oleh pengendara lain.

4.) Nyalakan AC dan Defogger

Embun yang timbul di kaca saat berkendara disebabkan oleh perbedaan suhu, dimana suhu didalam kabin lebih hangat dibandingkan suhu diluar kabin. Embun yang timbul, terutama di kaca bagian depan tentu dapat menyulitkan pandangan pengendara.

Untuk mencegahnya, Anda perlu tetap menyalakan AC saat hujan sehingga tidak terbentuk embun di kaca mobil Anda. Selain itu, Anda juga dapat mengaktifkan fitur defogger dengan menekan tombol berbentuk simbol tiga garis bergelombang.

Defogger biasanya terpasang pada bagian belakang kaca mobil sebagai kondensator panas. Panas itulah yang bekerja menghilangkan embun pada kaca mobil ketika melaju saat hujan.

Documents

SHARE: