Ingin Membeli Mobil untuk Anak Anda? Pertimbangkan 4 Hal Ini

Kini, tak sedikit orangtua yang membelikan mobil pada anaknya guna menunjang aktivitas sehari-harinya, mulai dari pergi ke kampus atau berkumpul bersama teman-teman. Namun, ada beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum memberikan sebuah mobil untuk anak Anda. Apa saja? Yuk pertimbangkan 4 hal berikut:


1.) Usia dan Kesiapan Mental Anak

Sebelum membelikan mobil untuk anak Anda, pastikan bahwa ia telah memenuhi syarat untuk mengendarai kendaraan pribadi, yakni minimal berumur 17 tahun dan telah memiliki Surat Izin Mengemudi (SIM) sesuai dengan peraturan yang tercantum pada Pasal 281 Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan.

Selain memenuhi ketentuan legal, Anda juga perlu memastikan bahwa anak Anda dapat bersikap bijak saat berkendara dan mematuhi peraturan lalu lintas, seperti tidak menyetir dalam keadaan mabuk atau kebut-kebutan dijalan. Dengan memiliki kesadaran, anak dapat bertanggung jawab atas perbuatannya sebagai pengendara mobil.


2.) Sesuaikan dengan Budget

Hal lainnya yang harus diperhatikan adalah menyesuaikan dengan budget yang tersedia. Pengeluaran yang harus diperhatikan tidak hanya biaya saat melakukan pembelian, namun juga biaya perawatan dan harga jual kembali. Pastikan biaya perawatan berkala mobil tersebut sesuai dengan budget, atau Anda dapat melakukan pembelian mobil yang di-bundling dengan Paket Hemat untuk biaya perawatan mobil yang lebih terjangkau.

Selain itu, harga jual kembali juga dapat menjadi salah satu pertimbangan, mengingat bahwa ini adalah mobil pertama anak Anda yang mungkin akan diganti dengan mobil lainnya saat anak nanti sudah bekerja. Pastikan mobil yang Anda beli telah didukung layanan sales & after sales yang lengkap dan merata di seluruh Indonesia, serta modelnya diminati oleh banyak orang agar harga jualnya cenderung stabil.


3.) Sesuaikan dengan Kebutuhan Anak

Kemudian, poin penting lainnya adalah menentukan mobil yang sesuai dengan kebutuhan anak Anda. Umumnya, mobil berjenis hatchback dengan dua baris bangku seperti Honda Brio atau Honda City Hatchback RS cocok digunakan sebagai mobil pertama untuk anak remaja, mengingat ukurannya yang ringkas sehingga lebih mudah bermanuver dijalan bagi pemula.


4.) Asuransi

Poin terakhir yang perlu diperhatikan dalam membeli mobil adalah asuransi. Melindungi mobil bukan hanya sebatas mengenalkan pada anak tentang pengetahuan keamanan berkendara, namun juga dengan mengasuransikan mobil Anda. Dengan asuransi, Anda akan terlindungi dari segala risiko finansial yang muncul seperti kerusakan mobil karena kecelakaan, pencurian dan lainnya.

Kenali beberapa komponen yang berkaitan dengan besaran premi asuransi mobil. Pertama adalah domisili mobil Anda, kedua adalah kategori harga mobil, dan yang terakhir adalah jenis asuransi yang dipilih yaitu All Risk (comprehensive) atau Total Loss Only (TLO). Sesuaikan asuransi yang dipilih dengan budget dan kebutuhan Anda.

Documents

SHARE: