Ingin Menghemat Biaya Perawatan Mobil? Begini Caranya

Saat Anda memiliki sebuah mobil, tentu Anda perlu menjaga kondisinya tetap prima dengan biaya yang kadang tidak sedikit, mulai dari sekedar mengganti oli dan air radiator, sampai biaya tidak terduga saat terjadi kecelakaan yang membuat mobil Anda harus diperbaiki di bengkel.

Sebenarnya, ada beberapa tips yang dapat Anda terapkan guna melakukan penghematan dari segi biaya perawatan mobil, lho. Yuk perhatikan hal-hal berikut:


1.) Mendaftar Asuransi Kendaraan

Hal pertama yang dapat Anda lakukan untuk mencegah adanya pengeluaran tidak terduga, adalah dengan mendaftarkan asuransi untuk kendaraan Anda. Dengan asuransi, biaya perbaikan mobil Anda akan ditanggung oleh perusahaan asuransi sehingga Anda tidak perlu mengeluarkan banyak biaya untuk memperbaiki mobil.

Ada beragam asuransi yang ditawarkan dengan tanggungan yang berbeda pula, misalnya asuransi yang dapat menanggung biaya perbaikan mobil Anda saat terendam banjir, atau saat mobil Anda dicuri. Pastikan dengan baik aspek apa saja yang dapat di-cover oleh asuransi yang Anda pilih dan pertimbangkan biaya asuransi yang paling ideal untuk Anda.


2.) Hindari Suku Cadang Palsu

Saat mobil Anda mengalami kerusakan, ada kalanya pihak bengkel non-resmi akan menawarkan Anda alternatif suku cadang palsu dengan harga lebih murah.

Memang, sekilas menggunakan suku cadang palsu tidak akan langsung terasa efeknya, dan dapat dibeli dengan biaya lebih murah. Namun, dalam jangka panjang, suku cadang palsu biasanya tidak seawet suku cadang asli. Bahkan, suku cadang palsu dapat berpotensi menimbulkan kerusakan yang lebih parah di kemudian hari, sehingga pada akhirnya Anda perlu mengeluarkan biaya perbaikan mobil yang lebih mahal daripada apabila Anda menggunakan suku cadang asli sejak awal.


3.) Lakukan Perawatan Berkala di Bengkel Resmi

Mungkin Anda pernah berpikir untuk melewatkan jadwal perawatan berkala, entah karena tidak ada waktu untuk membawa mobil ke bengkel resmi, atau untuk menghemat pengeluaran.

Namun, Anda perlu mengetahui bahwa melakukan perawatan berkala sesuai jadwal yang tertera di buku panduan kendaraan dan buku garansi & perawatan justru sangat berguna untuk menghindari potensi kerusakan, yang pada akhirnya dapat membuat Anda mengeluarkan biaya lebih banyak lagi.

Untuk menghemat biaya perawatan berkala, Anda dapat memilih paket perawatan berkala yang sudah termasuk biaya jasa & suku cadang yang bisa dibeli bersamaan saat Anda melakukan pembelian mobil dan bahkan dapat digabung dengan biaya cicilan kendaraan Anda. Di dealer Honda, kami menyediakan paket perawatan berkala melalui Paket Hemat 1 untuk 4 tahun/50.000 km dan Paket Hemat 2 untuk 8 tahun/100.000 km (mana yang tercapai lebih dulu) yang dapat Anda cek disini.

Selain itu, untuk Anda yang sudah memiliki kendaraan dengan km perawatan diatas 40.000 km dengan periode free service atau gratis biaya jasa yang sudah habis, kini Anda juga dapat melakukan penghematan hingga 10% melalui “Paket Hemat Mini” yang berlaku untuk 2x perawatan berkala sesuai KM yang dipilih atau 1 tahun (mana yang tercapai lebih dahulu). Selengkapnya, kunjungi link berikut: “Paket Hemat Mini”

Documents

SHARE: