Mobil Mogok Ditengah Jalan, Apa yang Harus Dilakukan?

Kondisi apapun dapat terjadi saat Anda berkendara, salah satunya adalah mobil mogok di tengah perjalanan. Agar tidak kebingungan, yuk ketahui apa saja yang harus Anda lakukan saat mobil mogok! Perhatikan langkah-langkah berikut:


1.) Pertama, apabila memungkinkan, Anda perlu memposisikan mobil Anda di tempat yang aman seperti di bahu jalan tol, kemudian memasang segitiga darurat dibelakang mobil Anda.

Berdasarkan Jakarta Defensive Driving Consulting (JDCC), terdapat anjuran untuk lokasi peletakkan segitiga darurat. Pada jalan dengan arus lalu lintas padat, benda ini bisa dipasang pada jarak minimal 3 meter dari mobil berhenti. Pada jalan dengan kondisi lancar, segitiga berwarna merah ini harus dipasang dengan jarak 10 sampai 30 meter dari lokasi kendaraan. Sementara itu, jika mobil berhenti di bahu jalan tol, segitiga pengaman wajib dipasang dengan jarak sekurang-kurangnya 100 meter.


2.) Kemudian, periksa lampu indikator pada Panel Instrumen dan perhatikan bagian mana yang menyala. Setiap lampu indikator dapat memberikan sinyal mengenai bagian komponen yang bermasalah. Selalu bawa buku panduan di mobil Anda, untuk mengecek arti dari setiap lampu indikator serta penanganannya.


3.) Putar kunci kontak ke posisi OFF, kemudian putar kembali ke posisi ON untuk memastikan apakah mesin masih dapat dinyalakan. Apabila mesin masih dapat dinyalakan, silahkan mengunjungi lokasi Dealer terdekat untuk mendapatkan perbaikan. Namun apabila mesin mobil tidak dapat dinyalakan, Anda dapat mengakses layanan darurat Experience Honda dengan menghubungi 0800-1446-632 (tekan 1).

 

Melalui Experience Honda, Anda dapat memperoleh layanan darurat sebagai berikut:

1.)   Layanan pengecekan dan penggantian aki kendaraan

2.)   Layanan penggantian ban

3.)   Layanan kunci tertinggal dalam kendaraan

4.)   Layanan pengisian bahan bakar maksimal 5 liter untuk kendaraan yang mogok di jalan akibat kehabisan bensin

5.)   Jika tidak bisa ditangani di tempat, maka tim Experience Honda akan memberikan layanan towing ke Dealer Honda terdekat

 

Sebelum itu, ada syarat dan ketentuan yang harus diperhatikan oleh pengendara dalam menggunakan layanan Experience Honda. Ketentuan tersebut sebagai berikut:)

  1. Selama kendaraan masih dalam masa garansi, pelanggan akan mendapatkan gratis jasa dengan batasan jarak maksimal 50 km dari lokasi Dealer Honda terdekat. Jika jaraknya lebih dari 50 km, maka biaya tambahan akan diinformasikan ke pelanggan.
  2. Jika kendaraan berada di dalam jalan tol, pelanggan dapat menghubungi layanan derek Jasa Marga untuk dibantu sampai ke pintu keluar tol terdekat dan kemudian tim Experience Honda dapat memberikan fasilitas towing dari pintu keluar tol menuju Dealer Honda terdekat.

3.  


Untuk kendaraan yang masa garansinya sudah habis, tetap dapat menghubungi layanan Experience Honda dengan biaya yang akan diinformasikan ke pelanggan.

Dengan memperhatikan langkah-langkah diatas, semoga Anda dapat lebih siap saat terjadi peristiwa mobil mogok di perjalanan. Tetap berhati-hati dan selamat berkendara!

Documents

SHARE: