Rawat Mobil Dirumah, Yuk Cek Kondisi 4 Komponen Ini!

Kondisi pandemi membuat aktivitas Anda diluar rumah menjadi terbatas, sehingga mobil menjadi lebih sering terparkir dirumah. Walau demikian, Anda perlu tetap memperhatikan kondisi mobil untuk menjaganya tetap prima saat Anda kendarai. Yuk cek kondisi 5 komponen ini di mobil Anda!


1.) Oli Mesin

Oli mesin berfungsi meringankan kinerja mesin mobil, dengan memberi pelumasan yang cukup guna mengurangi gaya gesek antar komponen. Untuk mengecek kondisi oli, keluarkan stik oli (dipstick) dari wadahnya dan periksa level ketinggian oli di ujung stik. Pastikan oli mesin berada diantara batas low dan high, dan juga perhatikan warnanya. Oli mesin yang masih bagus memiliki warna kecokelatan, sedangkan oli yang sudah lama digunakan cenderung berwarna agak hitam pekat. Pastikan Anda rutin mengganti oli mesin sesuai dengan jadwal perawatan berkala yang terdapat pada buku petunjuk kendaraan.


2.) Ban Mobil

Hal lainnya yang harus diperiksa adalah keempat ban mobil Anda. Pastikan bahwa permukaannya tidak gundul dan tidak ada tekstur yang retak atau benjol. Perhatikan juga indikator Tread Wear Indicator (TWI), yakni berupa garis pembatas yang ada di sela-sela ulir ban. Apabila permukaan ban sudah sejajar ketebalannya dengan garis TWI, maka ban Anda sudah menipis dan perlu diganti. Kemudian, periksa tekanan angin ban agar sesuai dengan tekanan angin standar pabrikan, yang dapat Anda cek pada sisi bagian dalam pintu pengemudi.


3.) Mesin Mobil

Hal utama yang harus Anda perhatikan adalah memeriksa beberapa bagian mesin, meliputi busi dan air radiator. Pastikan air radiator mobil dalam kondisi penuh sampai batas level. Selain itu, periksa bagian selang radiator dan selang penghubung ke reservoir, pastikan tidak ada tekstur yang menggelembung atau retak untuk menghindari selang pecah ditengah jalan.


4.) Wiper

Selanjutnya, Anda perlu memeriksa kondisi wiper mobil. Pastikan permukaannya tidak getas, dan masih mampu membersihkan kaca mobil dengan efektif. Periksa juga tabung air wiper di dalam kap mesin, dan isi dengan cairan khusus pembersih wiper apabila kurang. Dengan kondisi wiper yang bekerja baik, Anda dapat lebih nyaman berkendara di cuaca hujan maupun membersihkan kaca depan dengan air wiper.

Documents

SHARE: