Sedang Mencari Mobil Pertama Anda? Pertimbangkan 4 Hal Berikut

Membeli mobil untuk pertama kalinya tentu menjadi momen yang menyenangkan, namun juga perlu dipertimbangkan dengan matang. Membeli mobil membutuhkan biaya yang tidak sedikit, namun apabila Anda cermat dalam melakukan pembelian, Anda bisa saja mendapatkan mobil pertama Anda dengan harga terjangkau dan sesuai dengan kebutuhan Anda.

Apa saja yang harus diperhatikan saat membeli mobil pertama? Simak tips berikut:


1.) Tentukan Budget dan Sesuaikan dengan Kebutuhan

Saat mencari mobil, hal utama yang harus diperhatikan adalah menentukan berapa budget maksimal yang Anda miliki untuk membeli mobil. Selain itu, Anda juga perlu mendefinisikan mobil seperti apa yang mampu menjawab kebutuhan Anda. Misalnya, apabila Anda telah berkeluarga, mungkin mobil dengan bangku tiga baris akan lebih cocok untuk Anda. Atau, apabila Anda adalah eksekutif muda yang menggunakan mobil setiap hari untuk pulang pergi ke kantor, Anda dapat mempertimbangkan memiliki mobil berukuran ringkas.

Setelah menentukan budget dan jenis mobil yang sesuai untuk Anda, selanjutnya Anda perlu mempertimbangkan beberapa model mobil yang sesuai dengan kriteria Anda. Simak reviewnya di Youtube, cari informasi selengkapnya di website resmi dan lakukan kunjungan ke dealer untuk melakukan test drive secara langsung, sehingga Anda dapat memutuskan mana mobil yang terbaik untuk Anda.


2.) Cermati Skema Pembiayaan dan Program Penjualan yang Berlaku

Tips lainnya yang dapat menghemat pengeluaran Anda, adalah mencermati setiap skema pembiayaan yang ditawarkan kepada Anda. Pertimbangkan penawaran dari setiap perusahaan leasing seperti besaran bunga, tenor, serta syarat-syarat yang harus dipenuhi. Anda juga dapat bertanya kepada sales dari dealer tempat Anda membeli mobil, yang dapat memberi Anda rekomendasi leasing yang tepat.

Selain itu, Anda juga perlu mencermati program penjualan yang sedang berlaku di dealer. Salah satunya adalah Honda dengan program “Awali Tahunmu dengan Honda Baru” yang menawarkan voucher sport utilities hingga Rp 7 juta rupiah*. Untuk informasi lebih lanjut, silahkan klik disini.


3.) Perhatikan Aspek After Sales & Biaya Perawatan

Selain harga beli, faktor lain yang perlu Anda pertimbangkan adalah layanan after sales dari pabrikan. Pastikan Anda membeli mobil dari pabrikan yang telah memiliki jaringan bengkel resmi yang luas, sehingga apabila dibutuhkan perbaikan di masa mendatang, Anda tidak perlu khawatir karena spare part asli yang Anda butuhkan tersedia, serta ditangani oleh teknisi berpengalaman.

Kemudian, Anda juga perlu memperhatikan besaran biaya perawatan yang akan Anda butuhkan selama memiliki mobil. Anda dapat mencari informasi ini di website resmi pabrikan, atau dengan bertanya langsung ke dealer. Perhatikan komponen apa saja yang harus diganti di setiap perawatan berkala, beserta dengan harganya masing-masing. Untuk mendapatkan biaya perawatan lebih murah, Anda dapat membeli Paket Hemat yang biasanya di-bundling saat Anda membeli mobil, atau membeli paket tambahan seperti Paket Hemat Mini yang dapat Anda lihat disini.


4.) Perhatikan Harga Jual Kembali

Untuk pembeli mobil khususnya mobil pertama, harga jual kembali dapat menjadi salah satu pertimbangan penting sebelum membeli mobil. Setelah memiliki mobil pertama Anda, seiring waktu Anda mungkin berpikir untuk meng-upgrade mobil Anda ke model lain diatasnya, sehingga harga jual kembali dari mobil saat ini menjadi penting.

 

Anda dapat melakukan pengecekan harga mobil second di website marketplace yang banyak tersedia di internet, sehingga Anda dapat mengetahui berapa kisaran harga jual kembali dari mobil yang hendak Anda beli. Mobil second dari brand yang memiliki banyak jaringan di Indonesia, serta memiliki banyak peminat biasanya memiliki harga jual yang cukup stabil, alias tidak berbeda terlalu jauh dari harga barunya. Salah satunya adalah Honda Brio, yang menjadi salah satu mobil paling laris di Indonesia sepanjang 2019.

Selamat mencari mobil baru Anda!

 

*Syarat dan ketentuan berlaku

Documents

SHARE: