Simak Cara Aman Berkendara di Tanjakan untuk Transmisi Manual dan Matic!

Mengendarai mobil tentu membutuhkan konsentrasi tinggi dari pengemudinya, agar mampu beradaptasi di medan jalan yang berbeda-beda. Salah satu hal yang dapat menjadi rintangan bagi pengemudi adalah saat membawa mobil di jalan menanjak, apalagi dalam kondisi macet.

Ketegangan kerap dialami terutama bagi mereka yang mengendarai mobil bertransmisi manual. Diperlukan latihan berkali-kali agar mobil tidak mundur di jalan curam.

Ikuti cara-cara berikut bagi Anda yang menggunakan transmisi manual:


1.) Gunakan Transmisi Rendah (Gigi 1 atau 2)

Saat menanjak di jalan curam, turunkan persneling ke gigi rendah guna mendapatkan torsi tambahan. Gunakan gigi 2 untuk tanjakan agak landai dan gigi 1 untuk tanjakan curam. Anda tidak disarankan untuk menggunakan setengah kopling saat menanjak, karena dapat menyebabkan kopling cepat habis.

2.) Gunakan Rem Tangan Saat Berhenti

Saat Anda terjebak kemacetan yang mengharuskan mobil untuk berhenti, gunakan rem tangan agar mobil tidak mundur saat di tanjakan. Ketika hendak menjalankan mobil, lepas rem tangan dan pedal kopling secara perlahan, dan di saat bersamaan tekan pedal gas secara perlahan.

Apabila Anda menginginkan kepraktisan saat berkendara, Anda dapat menggunakan mobil bertransmisi automatic. Transmisi D dapat di gunakan pada semua kondisi jalan, untuk jalanan menanjak dan curam, Anda dapat memindahkan posisi transmisi ke S atau L.

Agar lebih praktis lagi, Anda dapat menggunakan beberapa model mobil Honda yang telah dilengkapi fitur Hill Start Assist (HSA) yang berfungsi untuk mencegah kendaraan bergerak mundur saat pengemudi memindahkan kaki dari pedal rem ke pedal gas pada kondisi berhenti di jalan menanjak.

Fitur ini dapat Anda temukan di New Honda BR-V, New Honda HR-V dan All New Honda CR-V.

Yuk selalu waspada saat berkendara!

Documents

SHARE: