Yuk Kenali Jenis Aki Mobilmu dan Cara Merawatnya!

Baterai pada mobil, atau sering disebut aki, merupakan komponen penting yang berfungsi menyimpan energi listrik untuk disalurkan ke sistem starter, sistem pengapian, lampu dan komponen kelistrikan lainnya. Tentunya, fungsi aki sangat penting karena aki yang tidak terawat dapat menyebabkan mobil susah dinyalakan.

Ada tiga jenis aki yang paling banyak beredar di pasaran, yaitu aki konvensional, aki hybrid, dan aki maintenance free (MF). Apa saja perbedaannya dan bagaimana perawatannya? Simak penjelasan berikut!

1.) Aki Konvensional

Aki konvensional, dikenal juga sebagai aki basah, memiliki ciri khas dinding aki yang transparan. Hal tersebut berfungsi untuk mengecek ketinggian air, sehingga air aki dapat segera diisi saat berada dibawah batas minimal.

Aki konvensional terdiri dari cairan yang mudah menguap akibat panas dari sel-sel baterai saat bekerja. Akibatnya, cairan aki lebih cepat berkurang sehingga pemiliknya harus mengisi cairan secara rutin, sekitar 1 bulan sekali. Namun, aki konvensional juga memiliki keunggulan dengan menawarkan harga yang lebih terjangkau.

2.) Aki Hybrid

Aki hybrid, atau dikenal sebagai aki low maintenance mirip dengan aki konvensional. Yang membedakan diantara keduanya adalah kadar penguapan air yang lebih rendah pada aki hybrid jika dibandingkan aki konvensional, sehingga pemilik kendaraan tidak perlu terlalu sering mengisi cairan aki. Biasanya, cairan aki baru diisi sekitar 3 hingga 4 bulan sekali.

3.) Aki Maintenance Free (MF)

Berbeda dengan aki hybrid dan konvensional, aki MF khususnya yang digunakan oleh Honda berisi cairan dengan tutup yang dibuat lebih rapat, sehingga meminimalkan penguapan. Jenis aki ini tidak perlu dilakukan penambahan cairan selama masa pemakaian, sehingga disebut sebagai aki maintenance free  (bebas perawatan).

Seluruh model mobil Honda kini telah menggunakan aki berjenis MF, sehingga memudahkan pemilik kendaraan dengan minimnya perawatan yang diperlukan. Anda juga tidak perlu mengisi air aki dan dapat terhindar dari resiko mogok di jalan karena kehabisan air aki. Sebaiknya, bawa mobil Anda ke bengkel resmi Honda terdekat secara berkala (bersamaan dengan jadwal Perawatan Berkala) untuk dilakukan pengecekan kondisi aki secara akurat oleh mekanik Honda dengan menggunakan Battery Tester. Jika hasil pengecekan menunjukkan daya hantar aki kurang baik, Anda dapat melakukan penggantian aki saat itu juga.

Yuk rawat aki mobilmu dengan baik agar performanya selalu terjaga!

Documents

SHARE: